Mau Dihargai dan Dihormati, 6 Hal Ini Penting Jadikan Panutan Hidup

Penulis Jefri Tenouye (doc Istimewa)

"Refleksi Mahasiswa mau dihargai dan dihormati, 6 hal ini penting jadikan panutan hidup".

Oleh : Jefri Tenouye

I) Pengantar

Puji Syukur saya  kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa, atas karunia hikmat dan pengertian serta didikan-Nya Saya menuliskan Opini berjudul "Utamakan hargai jika mau dihormati".

Materi muatan yang saya rangkum adalah tidak terlepas dari pengalaman hidup seputaran dunia pendidikan dan kalangan masyarakat pada umumnya.

Saya ucapkan terima kasih orang yang berkolaborasi dan berkontribusi bimbingan dan nasehat, didikan kepada saya sehingga saya menekuni dan memahami betapa pentingnya hargai dan hormat.

Penulisan saya ini serba kekurangan dan belum maksimal untuk harap para sajian untuk maklumnya, semoga materi ini bermanfaat bagi kita.

Harapan saya semoga bisa melakukan dalam kegiatan aktifitas sehari-hari dan jadikan pedoman hidup untuk membentuk sikap saling toleransi, hormati dan hargai orang disekitar kita.

II) Prolog 

Kata Hargai dan Hormati tak asing lagi kita dengar dalam kehidupan sehari-hari kita mulai dari pribadi, Di Rumah, Keluarga, Sahabat, Instansi lainya. 

Hargai orang lain merupakan upaya untuk menghormati dan memuliakan diri sendiri, oleh sebab itu, menghargai sangat penting untuk kaum muda pelajar dan mahasiswa dan masyarakat luas terutama kita  yang generasi 4.0 milenial ini.

Prinsipnya ini seperti (Sebab dan Akibat) bahwasanya bagaimana orang lain mau menghormati dan menghargai diri kita, jika kita tidak mau menghormati dan menghargainya.

III) Isi/catatan

Sebagaimana kita ketahui sikap hormati orang lain tentu diinginkan semua orang, hal itu dipandang sebelah mata karena realita implementasi namun tetapi belum tentu semua orang bisa dengan mudah dipahami Mungkin kita berasumsi bahwa orang hormati karena kekayaan jabatan atau prestasinya padahal orang lebih dihargai karena sikap atau kepribadian perilaku kita.

Oleh karena itu, Meluas singkat seputar hargai dan dihormati orang di sekitar kita marilah mulai dari diri kita, kemudian beberapa poin ini kewajiban untuk melakukan dalam beragam aspek kehidupan kita untuk menuai harapan dari kenyataan esok yang lebih baik lagi maka mulai dari diri kita. 

1) Rendahkan hati

Renda hari merupakan tidak sombong terhadap sesama dan tampil sederhana, seperti  bisa kita lihat dari cara seseorang bertindak gaya memperlakukan orang lain yang tidak angkuh terhadap jabatan dan suasana tertentu. 

 Orang yang rendah hati tidak akan pernah menganggap dirinya lebih baik dari orang lain meskipun kita memiliki banyak kelebihan itu bukan alasan untuk memahami orang di sekitar kita. 

Hal Ini timbul karena kita menyadari bahwa sebaik apapun dirimu kita pasti punya kekurangan dan kelebihan jika kita punya kelebihan mari merendahkan di terhadap teman yang punya kekurangan.

2) Selalu Jujur

Jujur dalam segala hal merupakan hal yang terpuji baik Tuhan Allah maupun orang di sekitar kita. 

Kejujuran seseorang akan diuji dari perkataan dan tindakan manusia sehingga hal itu diimplementasikan maka tidak akan ada orang yang menghormati dan hargai kita, kemudian tidak bisa berkata jujur misalnya berbicara dengan orang lain di belakang atau suka memanipulasi fakta kemudian ucap lain tindakan akan berdampak memburuk citra nama baik kita.

Untuk menjaga citra nama baik dan menjaga kepercayaan orang lain kita harus bisa menjaga kepercayaan orang lain dengan selalu berkata jujur dan buktikan kejujuran pada tindakan. 

Dengan berpura-pura jujur orang lain juga akan melakukan hal yang sama pada kita dan orang lain akan menghargai kita, dan juga menjaga nama baik terkait kejujuran itu sendiri. 

3) Menghargai Orang Lain

Menjaga kepercayaan orang lain sangat penting dalam kegiatan hari-hari kita Jika kita mempercayai orang lain, kita harus minta maaf, hargai pendapat orang lain, tidak memotong pembicaraan orang lain menepati janji.

Jika kita ingin dihargai maka kita harus menghargai orang lain terlebih dahulu. Orang lain hanya akan menghormati kita jika kita memperlakukan mereka dengan setara, tidak tegas, dan tidak sopan. Sebaliknya jika kita sering meremehkan orang lain, kita akan dicap atau disebut sebagai orang yang sombong mementingkan diri sendiri dan tidak disukai orang sekitar kita.

4) Menjaga kepercayaan orang lain

Menjaga diri atau kepercayaan orang lain sangat penting dan bermakna bagi orang lain tanpa ada kepercayaan, hidup akan terisi dengan kecurigaan dan kebohongan. 

Oleh karena itu, jangan melalaikan sikap hargai orang,  jangan pernah mencoba untuk membukanya rahasia tertentu pada orang lain,  Selain tidak dihargai dan juga  akan dinilai macam macam atau berkhianat.

Harus menepati janji agar tidak mengecewakan orang yang sudah mempercayaimu, misalnya saat sesama kita teman atau keluarga memercayakan rahasia atau sebuah rencana jangan pernah mencoba untuk membukanya pada orang lain, untuk meredakan perasaaan ketidakpastian dan risiko, jadi bertindak untuk menghasilkan peningkatan kerjasama akan berlanjut tanpa beresiko.

5) Selalu Berbagi

Selalu berbagi bukan saja soal materi dan dan jasa juga akan menularkan orang lain untuk berbuat baik, ketika kita membantu orang yang membutuhkan pertolongan, maka perbuatan kita di ingat terus. 

Namun kita lihat berbagi  materi, nasehat, dan jasa, sangat membantu orang lain, ada kalanya semangat hal positif lainnya akan mengingatkan anda jika kita bisa setia berbagi pada orang lain kita tidak hanya dihargai tapi kita juga akan menjadi teladan bagi banyak orang.

6) Hargai Pimpinan

Sikap menghargai dan menghormati pemimpin adalah bawahan harus menjalankan peraturan yang dibuat oleh pemimpin, serta turut aktif dalam kegiatan yang di utarakan pimpinan, dengan itu sikap hargai pemimpin akan berkolaborasi.

Hargai pemimpin yang sedang memimpin kita seketika kita berada dibawah dari pimpinan kita, 

Karena yang sedang memimpin kita itu pun Kitalah yang pernah memili melalui mufakat bersama dalam wada organisasi atau tempat kumpulan tersebut.

Selain itu juga, Seorang pemimpin perlu memiliki kecakapan dalam membuat keputusan yang tepat, sabar, bersikap positif dengan anggota nya, tetapi tetap ada batasan, sehingga lebih membuka komunikasi yang baik, serta dihargai oleh anggotanya agar mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

IV) Kesimpulan

Kumpulan motivasi singkat seperti yang kita bahas diatas ini merupakan berbagi pendapat dari kita oleh kita untuk kita, peroleh materi tidak terlepas dari pengalaman yang kita tinjau, dan hari ini menjadikan bahas untuk mencerminkan kemampuan diri untuk mempelajari dari pengalaman untuk menerapkan dalam kehidupan kita maka akan terpancar kehidupan yang lebih baik lagi.

V) Riwayat Hidup Penulis 

Sosok Jefri Tenouye adalah salah satu Mahasiswa yang aktif kuliah di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, ia melanjutkan pendidikan di bidang/Jurusan Farmasi sejak tahun 2020 usai tamat SMA. 

Di kota studi Jayapura, Selain Aktif Kuliah Jefri Tenouye Juga aktif dalam organisasi mahasiswa, Antaranya seperti IPPMMAR-WUBWE, FKM-KP, IKAPPMMA, Asrama Kerit dan Gereja. 

Karir yang ia tekuni di organisasi lokal adalah sebagai berikut, Ketua Asrama Kerit Periode 2022-2023, Ketua Pemuda (Kingmi) Jemaat Karmel periode 2022-2024, Anggota Formatur, Pembina II Asrama Kerit Periode 2023-2024, dan jabatan fungsional administrasi lainya, seperti kesekretariatan, perlengkapan, Konsumsi, Pengacara Kerohanian, dan lainnya.

***) Demikian ulasan singkat penulis sangat berterima kasih atas kunjungan Anda semoga bermanfaat buat  yang mengunjungi tulisan saya/JEFRI TENOUYE.

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3