Mahasiswa FKM-Uncen Praktek Kerja Lapangan, Gelar Penarikan PKL

19 Mahasiswa FKM-Uncen Praktek Kerja Lapangan, Gelar Penarikan PKL  

Jayapura, PERSYAMENADI – 19 Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih (FKM-Uncen) menggelar praktek kerja lapangan (PKL), di Puskesmas Imbu Dok 8 Jayapura, Papua. Jumat (31/05).

Pendamping PKL,  Habibi Zamuli, S.KM.MPH  secara resmi menarik 19 mahasiswa PKL dari puskesmas, yang mengikuti PKL selama sebulan terhitung 29 april 2024 samapi dengan Jumat Mei 2024.

“Pendamping PKL FKM-Uncen di Puskesmas Dok resmi menarik sebanyak 19 mahasiswa Praktek kerja lapangan  (PKL) di puskesmas imbi dok 8 Jayapura  Salama sebulan,” jelas Pendamping PKL.

Dikatakan, Habibi, berterima kasih pihak Puskesmas mendidik peserta PKL atas pengalaman didapat mahasiswa PKL.

“Sementara mahasiswa Kekurangan dalam melaksanakan PKL akan menjadi evaluasi oleh pihak kampus untuk perbaikan di masa yang akan datang,” kata Habibi Zamuli.

dr. Johanes Raja Pikir Siregar, kepala Puskesmas Imbi meminta para Mahasiwa dapat menerapkan dengan baik semua yang diperoleh pada saat praktek lapangan kerja/PKL.

“Ilmu kesehatan masyarakat memang sangat penting, yang paling diandalkan dari ilmu kesehatan masyarakat adalah ketajaman dalam analisis situasi,” ujar Kepala Puskesmas.

Selain itu, Isak M Yogi selaku ketua kelompok PKL, mengatakan kebanggan kelompoknya yang antusias mengikuti PKL, atas bimbingan pihak Puskesmas dan Pendamping kampus telah mendidik dan mengajarkan berbagai promosi kesehatan, kesling, epidemiologi dan gizi.

“Kami ikut sertakan dalam pelayanan Puskesmas melayani pasien, konsentrasi pad instruksi pelayanan kesehatan di Puskesmas,” kata Yogi.

Lanjut, Kata Yogi, Khusus untuk mahasiswa administrasi kebijakan kesehatan (AKK) ditempatkan di roket dengan rekam medis untuk menginput data pasien di Puskesmas Imbi dan juga empat peminatan yakni promosi kesehatan, kesling, epidemiologi dan gizi.

“PKL ini kami terjunkan di beberapa RT/RW untuk memberikan pelayanan kesehatan dan per pemeriksaan air bersih dan rumah sehat dan membagi brosur, stiker tentang penyakit malaria sasaran di anak MTBS dan ibu hamil,” pungkasnya. 

Pewarta : Isak Yogi
Editor : Derek Kobepa 
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3