Mahasiswa FKM Universitas Cenderawasih, gelar PKL selama sebulan

Usai kegiatan PKL foto bersama (Dokter : Pes Yamenadi/Isak yogi)

Jayapura, PERSYAMENADI - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih, Praktek Kerja Lapangan, atau PKL, bertempat Puskesmas Imbu, DOK 8, Jayapura, Papua.

Kegiatan PKL ini dilakukan selama sebulan dan pada hari ini Jumat (31/05/2024) menampilkan sekaligus presentasikan hasil laporan hasil kerja lapangan.

Presentasi laporan Isak Yogi selaku ketua kelompok mengatakan penghentian telah dilakukan secara teratur dan bertahap sesuai prosedur kesehatan yang berlaku. 

Selama satu bulan praktek kerja lapangan (PKL), Mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat universitas cenderawasih Kelompok puskesmas imbi 2024, dilaksanakan dengan baik,” jelas Isak Yogi kepada awak media Pers Yamenadi, Jumat (31/050

Berikut adalah koronolis versi Isak Yogi

Pada hakikatnya, mahasiswa dituntut untuk selalu mengasah pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif sebagai bekal untuk memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat. Sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa juga dituntut untuk dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan ilmu yang diperoleh pada masa perkuliahan. 

Untuk mewujudkan langkah konkrit tersebut, Universitas Cenderawasih (Uncen) menyelenggarakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 29 April 2024 hingga 1 Juni 2024 dan berakhir di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Peserta dari kegiatan PKL tersebut merupakan mahasiswa Semester VIII dan tersebar di kota Jayapura 12 puskesmas dan kab Jayapura 20 puskesmas Dinkes provinsi, Dinkes kota dan Dinkes kabupaten Jayapura . 

Nantinya, kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pemecahan yang solutif dalam menanggulangi permasalahan kesehatan yang ada. Sebelum merancang program sesuai keluaran yang diharapkan, perlu dilakukan analisis situasi terhadap lingkungan. 

Salah satu kegiatan yang diatur oleh fakultas selama satu bulan kegiatan PKL adalah analisis situasi dan karakteristik masyarakat. Tidak kecuali bagi Kelompok puskesmas imbi PKL FKM Uncen 2024 yang Ditempatkan di puskesmas imbi dok 8 kota Jayapura.

Kegiatan yang mengawali satu bulan PKL adalah pertemuan bersama kepala puskesmas imbi untuk membangun koordinasi terkait kegiatan yang akan dilakukan sebelumnya. 

Kemudian pengumpulan data pun dilakukan dimulai dari pengumpulan data sekunder terkait Profil puskesmas yang diperoleh dari puskesmas serta penyaringan data Penyakit Tidak Manual dari (PTM). 

Lalu, untuk menganalisis situasi kesehatan masyarakat di puskesmas imbi, dilakukan juga kegiatan wawancara mendalam bersama bidan puskesmas yaitu Ibu....... Berdasarkan data sekunder dan primer, diperoleh bahwa permasalahan kesehatan tertinggi puskesmas imbi dok 8 Jayapura penyakit hipertensi adalah. 

Tidak hanya wawancara mendalam, Kelompok puskesmas imbi PKL FKM Uncen juga ikut menyebarkan brosur tentang penyakit malaria dan penanggulangannya mulai terhitung tanggal 29 April 2024 hingga 1 Juni 2024. 

Dengan didampingi oleh kader promosi kesehatan bersama mahasiswa/i, mereka menyebarkan brosur/stiker di puskesmas imbi dengan sasaran sejumlah responden MTBS ANAK DAN KIA IBU HAMIL. 

sebagian besarnya terdiri atas kelompok pra-lansia. Kegiatan lain yang dilakukan mereka adalah partisipasi dalam program Posyandu anak/balita.

Dalam menanggulangi hipertensi, partisipasi masyarakat di RT Dok 9 kali dapat dikatakan cukup tinggi dibuktikan dengan partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan rutin yang tergabung dalam posyandu anak balita. 

Kegiatan rutin tersebut dilaksanakan satu kali dalam seminggu di hari Selasa pagi. Berbicara terkait tantangan, 

Isak m Yogi, selaku Ketua Kelompok PUSKESMAS IMBI DOK 8 PKL FKM UNCEN 2024 menuturkan bahwa cukup banyak dan kebiasaan yang berbeda yang ditemukan di masyarakat. Kemudian, ada pun kendala yang berkaitan dengan kebiasaan yang dimana masyarakat masih akan berbicara menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian. 

Tatkala demikian, hal tersebut dapat diatasi dengan melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKL. “Kami pun juga harus berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang dilakukan oleh masyarakat seperti dengan pengajian rutin setiap minggunya dengan harapan untuk bisa bersama bersama masyarakat

Penulis : Isak Yogi/PY

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3