Rapat KPA Asisten II Sekda Paniai menilai OPD sangat lambat bisa saja tergeser tahun berikut

Dok tangkapan layar, saat asisten II sekda kabupaten Paniai Soleman Boma pimpin rapat, koordinasi koordinasi penyerapan anggaran. Sumber: Channel YouTube "kabar Pemda Paniai"


Paniai, PERSYAMENADI- Asisten dua (II) Sekretaris Daerah, Kabupaten Paniai, Soleman Boma menyebutkan kerja Organisasi perangkat daerah (OPD) dalam tahun 2024 sangat minim dalam tugasnya dibandingkan dengan tahun 2023. Rapat ini berlangsung di kantor Bupati Paniai, Madi, Paniai Papua Tengah. Dilansir  Channel YouTube "Kabar Pemda Paniai", Selasa  09 April 2024 lalu.

Asisten II Sekda Kabupaten Paniai, mengatakan dalam semester pertama anggaran tahun 2024 belum tuntas kerjanya, sudah tetapi mungkin belum ada laporan di sekretaris Daerah.

"Oleh Karena itu, rapat koordinasi sangat penting untuk kita lakukan dalam rangka meningkatkan kinerja program kerja dari masing masing OPD. Dia menilai sangat minim dibandingkan dengan tahun lalu (2023)," kata Boma, dikutip Pers Yamenadi, Minggu (14/07).

 Lanjut Boma, tahun 2024 merupakan tahun pemulihan kepala daerah, sangat berpotensi untuk polemik dan permasalahan antar kandidat hal ini merupakan menyita waktu dan akhirnya kinerja OPD akan tersendat lambat nanti.

"Maka harus pimpinan PJ Bupati Paniai, Sekda Paniai, kadis keuangan, inspektorat,  setelah melakukan diskusi harus rapat kordinasi, jalan terus agar pekerjaan dilakukan harus jalan terus," jelasnya.  

Soleman Boma meminta pekerjaan di lapangan tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat 4-5 bulan tentunya akan lanjut terus hingga tahun depan karan itu semua OPD harus konsisten. 

"Disitu tentunya terdapat potensi keterlambatan, kurangi volume keuangan dan lain sebagainya. Kita tidak mau semua pekerjaan setengah tengah tetapi semua itu harus Clear dalam waktu yang ditentukan dengan jumlah anggaran yang telah ditetapkan," ucapannya.

Menurutnya, penanggung jawab ada di OPD karena itu perlunya dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, sekian kali kami ingatkan tahun ini tahun politik. Kami mau kinerja OPD 100% dan Serapi mungkin.

"Organisasi Perangkat Daerah harus kontrol kepada PPK, PPTK, ke pihak ketiga, harus usut tuntas. Karena banyak keterlambatan hingga memakan waktu yang baik terkait  pekerjaan yang ada di dinas masing masing terutama pekerjaan fisik," ujarnya.

Asisten II, Setda kabupaten Paniai Soleman Boma, menegaskan, kerja sama yang baik bagi kita semua agar pekerjaan ini selesai tahu ini, sebab bisa saja kemungkinan pekerjaan tahun ini dapat  tergeser pada tahun berikutnya.

"Harus pastikan pekerjaan ini masing masing dinas harus selesai dan kontrak kita sampai dimana harus pastikan dan benar benar kerja di lapangan direalisasikan kerja dinas di lapangan itu sendiri. Dan dinas keuangan bisa pastikan kinerja masing masing OPD sampai dimana harus jelas supaya kontrolnya pun jelas siapa yang kerja dan siapa belum selesai dikerjakan oleh pihak ketiga" tegas Boma.


Penulis : Derek Kobepa 

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3