Peringati HUT III, dan Pelantikan kepengurusan baru Sektor Luhawe KNPB Wilayah Yahukimo

Foto bersama usai gelar kegiatan pelantikan dan perayaan HUT ke III, Sektor Luhawe KNPB Wilayah Yahukimo, (17/06), (doc : KNPB Yahukimo)

Yahukimo, PERS YAMENADI - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Sektor Luhawe wilayah Yahukimo gelar pelantikan pengurus baru sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun ke III, kegiatan ini berlangsung secara konferensi tingkat KNPB Wilayah Yahukimo, di Dekai, Yahukimo West Papua, pada hari Senin (17/06).

KNPB Yahukimo Sektor Luhawe dibentuk sejak 17 Juni 2024 lalu dan pada hari ini 17 Juni 2024 rayakan HUT ke III, dibekali Ibadah dipandu oleh Gembala Wahyu N. Heluka, 

Dalam khotbahnya Wahyu N. Heluka mengatakan pengurus terpilih maupun rakyat basis Luhawe bahwa Kamu menjadi terang di tengah-tengah rakyat tertindas sebagai sebuah lilin yang menerangi kegelapan. 

"Bangsa Papua memiliki organisasi perjuangan sejak tahun 1961 hingga sekarang maka KNPB tetap mediasi rakyat untuk keluar dari perbudakan Firaun modern kolonial Indonesia di Papua," jelas Heluka dalam firman-nya.

Sementara itu, pembenahan dan pelantikan kali ini dipimpin oleh sekretaris KNPB Wilayah Yahukimo Nifal Enggalim, melantik pengurus baru terpilih KNPB sektor Luhawe Ketua Hanoake Itlay, Sekretaris Mius Lokon, di lengkapi komisariat-komisariat.

Nifal Enggalim Selaku Sekretaris KNPB Yahukimo, mengatakan Sesuai platform Organisasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Badan pengurus sektor Luhawe mengambil sumpah janji setia KNPB.

"Perjuangan pembebasan Nasional rakyat bangsa Papua untuk tetap memperjuangkan sampai titik darah penghabisan atau kemenangan rakyat Papua dari cengkraman kolonialisme Indonesia di west Papua," jelas Sekjen KNPB dalam pelantikannya.

Dikatakan, sekretaris umum KNPB wilayah Yahukimo memberikan Surat keputusan (SK) dan bendera perlawanan KNPB sebagai dasar hukum organisasi agar pengurus baru menjalankan tugas perjuangan rakyat Papua di sektor Luhawe.

"Agar tetap konsisten menjalankan roda organisasi untuk menjawab agenda politik yaitu Mogok Sipil Nasional (MSN) sebagai agenda tunggal rakyat dati Raja Ampat Sorong sampai Almasuh Merauke bangsa Papua kedepannya," tegasnya.

Ketua demisioner Juspi Molama, mengatakan dalam tubuh organisasi harus ada kader -kader baru memimpin organisasi KNPB sebagai media rakyat bangsa Papua.

"Guna menjadi revolusioner-revolusioner bangsa memperjuangkan hak politik kita (rakyat Papua) menuju Mogok Sipil Nasional untuk meraih revolusi," ungkap Juspi. 

Tempat yang sama, L Lokon, selaku pendiri Sektor Luhawe, mengatakan rakyat Papua dijajah dan KNPB harus lawan maka rakyat Papua dalam perjuangan yang besar dibutuhkan kesatuan dan persatuan.

"Rakyat terjajah di Papua tetapi lebih khusus rakyat Luhawe di Yahukimo karena revolusi harus di rebut dengan kekuatan rakyat (power people) dalam sejarah perjuangan di belahan dunia," ujarnya.

Dalam momentum pemotongan kue ulang tahun KNPB sektor Luhawe yang ke-lll di pandu oleh Puan Marfi Matuan, mengarahkan upacara HUT, serta menjelaskan bentuk dari kue ulang tahun menggambarkan bendera perlawanan organisasi komite Nasional Papua Barat ( KNPB) dan tujuan, asas dan karakter organisasi perlawanan KNPB. 

Penulis  : Derek Kobepa

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3