Membangun dan Mengembangkan Potensi Diri Melalui Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Mahasiswa Agadide (IKAPPMMA) di Jayapura

Penulis Artikel : Derek Kobepa (doc :PY/Derek Kobepa)

 Membangun dan Mengembangkan Potensi Diri Melalui Ikatan Pemuda Pelajar  Mahasiswa Mahasiswa Agadide (IKAPPMMA) di Jayapura   

Oleh : Derek Kobepa/Kegemepigu

Nama Agadide diartikan bahasa Ibu Mee Papua ada dua bagian yakni (Aga “Generasi” dan Dide “Bagian”) secara harfia adalah kata Agadide di artikan Generasi bagian, hanya pengertian singkat, Agadide ini kenal dengan  daerah yang terletak di kabupaten Paniai Provinsi Papua Tengah, Agadide ini terkenal dengan keindahan alamnya, sungai-sungai yang mengalir dari gunung, gunung-gunung yang berliku-liku serta sumber daya alam yang melimpah terlihat pesona alam gunung, lemah, dan sungai, wilayah timur Paniai ini mendiami warga masyarakat Agadide Besar dengan terletaknya tapal batas (Okebouda, Debakebouda, Uwapatakaida, Kaitaka, makataida),  di balik keindahannya, Agadide Besar meliputi tiga sungai (Ekadide-Bogodide-Ekadide).

Dalam administrasi pemerintahan kedudukan Agadide merupakan distrik induk dan kini di tahun 2016 sebelumnya ada tiga distrik yakni (Agadide, Ekadide, dan Bogobaida, terlihat dimekarkan menjadi delapan distrik (Agadide, Ekadide, Bogobaida, Youtadi, Topiyai, Fajar Timur, Baya Biru, Aweida), tidak hanya itu semakin beradaptasi dengan era modern globalisasi, Ikatan pun dimekarkan menjadi tiga yakni, “(Induk) Ikatan pemuda pelajar Agadide (IKAPPMMA) (1989)”, “Ikatan pemuda pelajar mahasiswa masyarakat Piyayita (IPPMMAPI) (2002)”, Ikatan pemuda pelajar mahasiswa Masyarakat (IKAPPMME) (2019), ketiga ikatan ini berhimpun di Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Masyarakat Agadide  Paniai (HIPPMMAP) SE-PAPUA (2017).

Agadide, Paniai, Papua Tengah, yang terletak di Pulau Papua. Paniai ini terkenal dengan keindahan alamnya dan daerah dingin 11% derajat celcius, terutama Alam agadide yang menyelimuti serta membuat orang mengunjungi merasa terkesan dan berserih. Namun, di balik keindahannya, Agadide juga memiliki potensi yang tak kalah menarik, yaitu para pelajar dan mahasiswa yang berprestasi.

Penulisan ini, dilatar belakangi kehidupan (IKAPPMMA) kota studi Jayapura, Kepanjangan dari “Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa, Mahasiswi Agadide” yaitu organisasi kedaerahan yang meliputi seluruh pelajar, mahasiswa masyarakat rantau di Jayapura, khususnya yang di Agadide. sejak awal pembentukan pada tanggal 05 maret tahun 1989 beberapa mahasiswa Agadide di Jayapura rencana Ikatan sejak itu adalah (Agustinus Kudiai, S.Sos, Dr. Nicho Kobepa, S, Pd., MA, Ham Nawipa, S. KM, Yerry Nawipa, S. Sos, Nataniel Kadepa, Yonatan Nawipa, Amd.Per, Agus Yumai, S.IP., MA dan Habel Kadepa. Pada saat itu, jumlah Mahasiswa Agadide  kira - kira 8 - 12 orang. Setelah terbentuk menjadi satu wadah kecil “PEMUDA PERSATUAN AGADIDE” (PPA) di Jayapura. Dibawah naungan Ikatan Pelajar Mahasiswa Mee (IPPMME) Jayapura, beberapa, tahun kemudian Mahasiswa Agadide ini juga mendirikan Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Paniai (FKM-KP) di Jayapura.

Dasar pemikiran pelajar dan mahasiswa penting untuk belajar organisasi, dari generasi ke generasi khususnya Agadide, untuk belajar ketrampilan, kepemimpinan dalam organisasi serta pengetahuan Intelektual, minat dan bakat ekstratrikuler, pengetahuan ilmiah, serta administrasi.  akhirnya embrio Organisasi IPPA atau IKAPPMMA Jayapura mulai terbentuk. Pembentukan cikal bakal organisasi yang menaungi para mahasiswa asal Agadide Paniai itu terjadi atas dasar komitmen yang kuat.

 Organisasi ini memiliki tujuan utama untuk memanfaatkan potensi para pelajar dan mahasiswa dalam membangun silaturahmi, mengumpulkan ide-ide brilian, serta meningkatkan kualitas diri melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satu manfaat yang diperoleh melalui keanggotaan di IKAPPMMA adalah pelatihan   kepemimpinan. Dalam organisasi ini, para anggota memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan mereka, Melalui berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi kelompok, Aktivis IKAPPMMA dapat belajar bagaimana menjadi pemimpin yang berpengaruh. Kemampuan ini akan sangat berguna bagi mereka ketika mereka terjun ke dunia kerja atau menjadi pemimpin di masyarakat nantinya.

Selain itu, IKAPPMMA juga memberikan kesempatan untuk memperluas relasi pergaulan yang anggotanya berasal dari berbagai jurusan perguruan tinggi  di Jayapura. Hal ini memungkinkan mereka/anggota IKAPPMMA untuk bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan mengembangkan jaringan pertemanan yang luas.

Pembelajaran kerja juga menjadi salah satu manfaat yang diperoleh melalui keanggotaan di IKAPPMMA. anggota memiliki kesempatan untuk terlibat dalam berbagai proyek atau kegiatan yang melibatkan pengelolaan tim, pengambilan keputusan, dan pelaksanaan tugas-tugas tertentu. Hal ini akan membantu anggota IKAPPMMA untuk mengembangkan keterampilan kerja yang dibutuhkan di dunia nyata, seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, dan mengelola waktu dengan efektif.

Karena itu, keanggotaan di IKAPPMMA juga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan anggota. Organisasi ini sering mengadakan kegiatan seperti seminar, diskusi, atau kunjungan lapangan yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan anggota tentang berbagai topik terkini. Dalam era globalisasi ini, memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sangat penting agar dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Organisasi ini menjunjung tinggi kekompakan sebagaimana dituangkan dalam slogan IKAPPMMA, yaitu "IKAPPMMA SOLID IKAPPMMA SATU, AGADIDE MAJU, MOTTO IKAPPMMA “BOBA NIGANI-MAKAI". slogan ini mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi oleh seluruh anggota IKAPPMMA Jayapura. Dalam menjalankan aktivitas dan program kerja, IKAPPMMA selalu berupaya untuk menjaga kekompakan antara anggota, baik dalam hal pengambilan keputusan maupun pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing- masing Bidang-bidang ataupun Panitia. organisasi ini menjunjung tinggi kekompakan. Kekompakan yang di maksud disini dengan arti merujuk pada tingkat kerjasama sesama anggota, harmoni dan rukun, dan koordinasi yang baik di antara anggota kelompok pada organisasi. Hal ini tentunya mencerminkan kesatuan, solidaritas, dan semangat kerja sama yang kuat dalam mencapai tujuan bersama. Kekompakan dalam kelompok ikatan organisasi khususnya IKAPPMMA memiliki beberapa makna penting. 

Pertama, ini berarti bahwa anggota organisasi memiliki hubungan yang erat satu sama lain, saling mendukung, dan bekerja sama untuk mencapai visi dan misi kelompok tersebut. Aktivis IKAPPMMA memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi satu sama lain, yang memungkinkan mereka untuk mengatasi tantangan dan hambatan bersama-sama. Selain itu, kekompakan juga mencerminkan keterlibatan aktif dari setiap anggota dalam kegiatan organisasi. Ini menciptakan lingkungan di mana setiap anggota merasa bernilai dan dihargai. Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk membangun dan memelihara budaya yang mendorong kekompakan dan kerjasama di antara anggotanya. Sebagaimana dituangkan dalam Pelajar dan Mahasiswa yaitu IKAPPMMA Solid IKAPPMMA satu  Agadide Paniai maju. 

IKAPPMMA Jayapura ini mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi oleh seluruh anggota IKAPPMMA dalam menjalankan aktivitas dan program kerja, IKAPPMMA Jayapura selalu berupaya untuk menjaga kekompakan antara anggota, baik dalam hal pengambilan keputusan maupun pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing-masing Bidang-bidang ataupun peranan Panitia. Kekompakan juga menghasilkan efisiensi dalam operasi organisasi. Dengan anggota yang bekerja sama dengan baik, proses pengambilan keputusan menjadi lebih lancar, koordinasi lebih mudah, dan pelaksanaan tugas-tugas menjadi lebih efektif. Hal ini dapat membantu organisasi mencapai tujuannya dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Terakhir, keanggotaan di IKAPPMMA juga dapat membantu anggota dalam memanajemen waktu dengan baik. Dalam organisasi ini, anggota harus mampu mengatur waktu di  mereka dengan efektif dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari. mempunyai sifat kedisiplinan dan tanggung jawab untuk menjaga kekompakan antara anggota satu dengan anggota lainnya agar tidak memecahkan pemersatuan. Kekompakan ini tercermin dalam tata cara organisasi dan struktur kepengurusan yang telah diatur. antara tugas kuliah, tugas gereja, kegiatan organisasi, dan kegiatan pribadi. Kemampuan ini akan sangat berharga ketika mereka kembali ke Papua Tengah setelah menyelesaikan studi di Jayapura.

Dengan begitu, Ikatan Pemuda Pelajar  Mahasiswa Mahasiswa Agadide (IKAPPMMA) di Jayapura, merupakan sebuah organisasi yang memberikan banyak sekali manfaat bagi para pelajar dan juga mahasiswa yang berantau dari daerah Agadide Paniai. Dengan menjadi anggota aktif dari organisasi kedaerahaan IKAPPMMA inilah mereka para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Agadide tersebut dapat membangun silahturahmi antar sesama, mampu untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka, dan juga mereka mampu untuk meningkatkan kualitas yang ada pada diri mereka yang dapat disalurkan melalui berbagai jenis kegiatan yang tentunya bersifat positif dan juga mampu memberikan manfaat. 

Dengan adanya organisasi kedaerahan Ikatan Pemuda Pelajar  Mahasiswa Mahasiswa Agadide (IKAPPMMA) di Jayapura ini, maka sangat diharapkan bagi para pelajar dan juga mahasiswa yang berasal dari daerah Agadide Paniai dapat menjadi generasi muda yang mampu untuk meraih prestasi serta dapat berkontribusi secara positif bagi daerah asal, dan mewarnai AGADIDE TERCINTA. 

Penulis adalah anggota IKAPPMMA se Jayapura A2020 yang sedang kuliah di Fakultas Hukum Jurusan Hukum Tata Negara di Kampus Uningrat Papua, (Derek Kobepa/Kegamepigu)

Previous article
Next article

2 Komentar

  1. Balasan
    1. Adik Wakil Ketua IKAPPMMA Se Jayapura, Periode 2024-2026 terima kasih banyak.

      Hapus

Ads Post 2

Ads Post 3