IKAPPMMA kontribusi besar bagi Mahasiswa Agadide di Jayapura, Cerita Agustinus Kudiai, mengenal IKAPPMMA Jayapura

 

dokpri : Agustinus Kudiai/PersYamenadi

IKAPPMMA kontribusi besar bagi Mahasiswa Agadide di Jayapura, Cerita Agustinus Kudiai, mengenal IKAPPMMA Jayapura

Oleh :  Agustinus Yenu-Tubay Kudiai


I.Pengantar


IKAPPMMA atau Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Mahasiswi Agadide di Jayapura, adalah ikatan yang terdiri mahasiswa dan pelajar ini hadir sejak tahun 1989, di kota Mamta, Jayapura Papua. Wadah ini   yang dimana mahasiswa Agadide membentuk wadah guna mempersatukan mahasiswa dan pelajar asal Agadide ini disatukan dalam laboratorium IKAPPMMA.


IKAPPMMA hadir untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya, Mahasiswa yang selesai! agar siap terjun ke masyarakat   yang memiliki kemampuan intelektualitas yang mahir.


II. Cerita tentang IKAPPMMA 


Berikut ini saya penulis Agustinus Kudiai menjelaskan cerita singkat tentang IKAPPMMA se Jayapura. Sejak tahun 2016, sejak itu saat saya berada di sekolah dasar (SD) YPPGI Akoubaida, Fajar Timur, Paniai Papua. Ia bertemu dengan salah satu Mahasiswa (IKAPPMMA di kampung halaman, Ia mengapa salam dengannya bertanya sama saya menanyakan sekolah dimana? dan saya menjelaskannya. Sempat diskusi berlangsung di kampung saya (Yeupa, Yabo 2).


Senior IKAPPMMA Melkias Kudiai, S.IP, alias (Kudomani Kudiai), akhir diskusi   berpesan kepada saya. Adik Seandainya (Agustinus Yenutubai Kudiai) melanjutkan Kuliah di Jayapura. Ia menjelaskan. kuliah di Jayapura di sana terdapat banyak tempat belajar ketrampilan, menciptakan ilmu dan, banyak organisasi Kampus, Komunitas Lapak Baca, Aliansi Mahasiswa, BEM, dan Ikatan lokal khusus mahasiswa Agadide dan Mahasiswa yang menampung di organisasi IKAPPMMA.

 

III. Pengalaman di IKAPPMMA


Setelah itu beberapa tahun kemudian Agustinus Yenu Tubai Kudiai menyelesaikan studi pendidikan menengah atas (SMK N 2 Nabire) 2022. Ia melanjutkan kuliah di kota studi Jayapura. Teringat kembali cerita sejak SD dan pesan senior saya. Melkias Kudiai, S.IP, maka saya mengikuti orientasi IKAPPMMA tahun 2022, hingga sekarang anggota aktif IKAPPMMA Jayapura, Puji Tuhan yang kaderan IKAPPMMA dan karir saya di IKAPPMMA : 1) Panitia HUY IKAPPMMA ke 35, sebagai Bendahara, 2) Sekretaris umum badan Pengurus IKAPPMMA periode 2024-2026.


IV. Motivasi


Tahun yang sama saya mendaftarkan diri sebagai anggota resmi wadah organisasi   IKAPPMMA se-jayapura. Tujuan bergabung  dalam organisasi IKAPPMMA untuk menambah pengalaman, menambah ilmu pengetahuan pengembangan kapasitas seni ketrampilan, gaya kepemimpinan, melatih kapasitas mental, surat menyurat dan mengenal cara berorganisasi.


Penulis Optimis belajar organisasi IKAPPMMA, IKAPPMMA merupakan tempat mempersiapkan setiap mahasiswa Agadide atau anggota resmi yang bergabung di IKAPPMMA merasakan senasib syarat kita melayani, melakukan pekerjaan atau tugas yan diberikan IKAPPMMA dikerjakan dengan baik dan secara Ilmiah.


IKAPPMMA mendidik dan mengajar dan belajar untuk berkarya yakni sesuatu itu mulai dari hal hal kecil Karena dari kecil berlati besar terbawah, maka menuai hasil yang maksimal dan terjawab Moto IKAPPMMA (BOBA NIGANIMAKAI).


IKAPPMMA dijuluki sebagai guru jasa tanpa, yang berpotensi mencetak mencetak jiwa – jiwa intelektual, dalam hal adanya kemajuan dan perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi,  maka siswa dituntut  untuk dapat beradaptasi dengan baik.


Oleh  karena itu, sebagai mahasiswa dalam berkolaborasi atau berkontribusi pendidikan dan belajar berorganisasi, anggota tantu saja anggota IKAPPMMA mengalami banyak tantangan, kesalahan, keraguan, kegugupan, tak hanya anggota pesimis IKAPPMMA dalam hal berorganisasi dan banyak alami awal bergabung hingga saat ini dalam   belajar   organisasi  IKAPPMMA.


Oleh karena itu, Penulis mengajak generasi pelajar dan mahasiswa Agadide yang berada di kota studi Jayapura atau dan di Nabire haru bergabung di IKAPPMMA sangat penting karena, waktu yang ada mengharuskan siswa mampu mengembangkan potensi siswa untuk belajar berorganisasi. Harus manfaatkan belajar organisasi, serta siswa harus memiliki prinsip yang tinggi dalam hal belajar niat yang  tertinggi, aktif  organisasi melalui wadah IKAPPMMA sebagai media pembelajaran bagi kita siswa, agar mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang unggul, konseptor, inovatif, kompetitif, untuk menjalankan tugas yang ditekuni nanti. Pasti kita menjadi   penentu pemimpin masa depan kita. Ayoh kawan-kawan   anggota IKAPPMMA  pada kesempatan yang ada ini, mari kita manfaatkan untuk belajar organisasi ”. (*)


Penulis : Mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan Kuliah di Universitas Muhammadiyah Papua, Jurusan Ilmu Komputer, di Jayapura, (2022).

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3