Money politics Melalui Lantahkan Eksistensi Rakyat

 


(Manuver politik uang merusak nilai-nilai estetika di kalangan masyarakat lokal) 


Oleh : welinus walianggen S. Ap


Silahkan anda menilai Saya gila tetapi. Saya harus menulis apa yang Saya,alami, lihat,dengar, sentuh & rabah. Dari pada Saya tidak menulis sama sekali. 

" Kebenaran yang ditulis dengan darah & air mata serta penderitaan rakyat tidak akan di hapus atau di tutupi Dengan kebohongan yang di tulis dengan tinta". (Dr. A. G. Socrates yoman,MA) 

Secara jujur sadar dan terbuka Money politics uang adalah politik kotor yang sedang di praktekan di tanah Papua. 

Prektek-praktek elite kapitalisme modern sedang di mainkan di tanah Papua hal ini mencendarai, merusak nilai-nilai demokrasi pasca pemilu tahun 2024 hampir seluruh tanah Papua terlihat terjadi manuver politik uang. 

Negara indoensia merupakan,negara demorkrasi bukan negara totaliter/otoriter yang mudah di ombang ambingkan negara indoensia bukan negara kapital tetapi negara Indonesia adalah negara demorkrasi. 

Nilai demorkrasi indoensia hancur kerena money politik uang mengakibatkan seluruh tanah papua akan menghadapi kemunduran secara eksklusif & permanen. 

Dan praktek-praktek manuver politik uang adalah politik praktis,politik paling kotor yang sedang di praktekan di atas tanah Papua uang membuat manusia papua susa melihat wajah, pikiran, prasaan dan hati seseorang hal ini merekomendasikan kita menuju papua mundur. 

Setiap negara berkembang kerena pendidikan setiap daerah maju karena pendidikan bukan kerena uang, uang tidak membuat rakyat sejahtera tetapi uang selalu melahirkan diskriminasi, marginalisasi,dan manipulasi serta melahirkan konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat. 

" Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk merubah dunia. Pendidikan adalah jendela dunia" ( Nelson Mandela). 

Mengapa saya katakan demikian kerena yang sering sebut pemerintahan itu ada dua lembaga yaitu legislatif & eksekutif lebih bagus memilih pemimpin yang paham akan legislatif dan eksekutif bukan memilih pemimpin karena banyak uang. 

Jika anda memilih pemimpin karena money politik uang maka andalah yang aktor perusak dan melahirkan kemunduran, ketertingalan, kebodohan, keterbelakangan permanen sepanjang generasi mu. 

Mari kami melihat papua secara utuh hampir semua tanah Papua menghadipi kemunduran, kemiskinan,ketertingalan permanen masif,meluas,kelektif & terustruktur terus terjadi. 

Kami suda di berikan otonomi khusus suda 20 tahun implementasi di tanah Papua namun mengapa masih saja ada angka kemiskinan, ketertingalan, keterbelakangan, kebodohan di atas tanah Papua. marwah dari pada otsus adalah perlindugan, keberpihakan, dan pemberdayaan rakyat papua namun hal itu tidak terwujud secara secara komperhensif, intens dan maksimal. 

Berapa tahun yang lalu saya suda mendeskripsikan dalam artikel saya dengan judul : "REFLEKSI 20 TAHUN OTOMI KHUSUS DI TANAH PAPUA" artikel ini saya tulis tahun 2023 lalu. 

Otsus adalah sesuatu hal yang sangat signifikan bagi seluruh rakyat papua. di seluruh tanah Papua. namun mengapa Papua belum ada kesejahteraan, kemajuan dan kemakmuran di berbagai aspek dan segi kehidupan orang Papua itu sendiri?. 

Hai para cenddikiawan intelektual jangan terelana dengan situasi hari ini di tanah Papua. bangkitlah dan lihatlah tanah papua secara utuh. 

Matinya intelektual papua, maka matinya bangsa dan rakyat papua, untuk itu intelektual harus menjadi analoginya di kalangan masyarakat awan demi kemajuan tanah papua.

Intelektual harus menjadi teknokrat muda yang mampu memberikan solusi bagi masyarakat Papua, intelektual jangan bersifat tendesius tetapi harus tunjukan netralitas di kalangan masyarakat. Memilih pemimpin yang tepat dan paham. 

Kerena tugas utama legislatif adalah membuat UU yang berlaku di Indonesia namun selain tugas utama tersebut lembaga legislatif , tugas-tugas lain yang tidak kalah pentingnya. Beberapa tugas meliputi menyusun rencana program nasional (prolegnas) serta pengawasan & anggaran. 

Kerena hampir seluruh tanah Papua tidak ada pemimpin papua yang ingin membagun papua dengan hati, yang tulus, iklas, rela, pemaaf, dan pemersatu. 

Krena manuver politik uang membuat rakyat melahirkan pemimpin yang pasif di parlemen legislatif sehingga seluruh tanah Papua menghadapi kemunduran permanen suda 20 implementasi otsus tidak berhasil karena lembaga DPR pasif.

DPR itu representasi rakyat yang harus bicara demi kemajuan daerahnya kepentingan rakyatnya tetapi bagimana DPR hanya diam pasif dilembaga legislatif di atas penderitaan rakyatnya. 

Ini yang sering di sebut elite mematikan & membunuh rakyat sendiri secara sistematis, terustruktur masif meluas dan kolektif. 

maka dari itu jangan memilih pemimpin karena bermotif uang tetapi pililah pemimpin yang paham dari pada fungsi legislatif dan eksekutif.

Orang yang berpegetahuan dan berpendidikanlah yang tentunya ia akan membawa perbuhan perdamaian dan kemajuan di kalangan masyarakat.

Mulai hari ini pilih pemimpin yang paham. Fungsi dari pada legislatif agar trus menyuarakan hak-hak rakyat dan melahrikan (SDM) papua yang lebih banyak. Karena yang akan merubah tanah papua adalah (SDM) papua itu sendiri. 

Bukan orang lain yang datang membagun tanah papua tetapi anak-anak pribumi papualah yang akan membangun negeri ini sesuai nubuat ini. 

" Diatas batu ini saya melatakan pradaban orang papua sekalipun banyak orang yang akan datang dengan penuh kepintaran, akal, budi,hikmat,marifat tetapi merka tidak dapat memimpinya bangsa ini kelak akan bangkit dan memipin dirinya sendiri". (Ishak Samuel kinje) 

Untuk itu mari para kaum cendikiawan intelektual papua bangun konsolidasi hari ini untuk trus memberikan edukasi demi selamatkan tanah papua dari berbagai ketertingalan. 

 banyak orang papua yang suda sekolah yang berpredikat sarjana,magister & doktor dengan meraih iptek prestasi kumulatif ( IPK ) tertinggi (cumlaude) pasca sarjana lulusan terbaik.

namun fakta di lapangan tak sebanding dengan apapun yang kita raih gelar tanpa membuat apa-apa maka sia-sialah sejauh apapun setinggi apapun yang anda raih. 

Para intelektual Papua, jangan tepuk dada dengan pridikatmu yang tinggi itu tanpa anda melakukan kerya-karya yang inovatif,kreatif serta mengkajikan secara ilmiah tetang realitas hidup orang papua. yang dihadipi hari ini di tanah Papua. ijazahmu hanyalah selembar kertas realitas hidup orang papua tak seidah selembar kertas yang anda raih itu.

Saya merenungkan, mecermati, menganalisa dan mengamati serta menilai bahwa banyak lulusan sarjana, magister, & doktor (SDM). papua hampir 80% adalah meraka yang lulusan bayaran/instan. dan 20% adalah meraka yang meraih proses panjuangan dengan mengikuti tahapan akademik yang suda di uji dan diraih secara kualitasnya.

Boleh saja kita melahirkan (SDM) papua sebanyak- banyaknya. Sebanyak apapun tetapi ketika (SDM) itu tidak bermutu dan berkualitas maka secara jujur, adil, objektif,proposional dan profesional bahwa suatu ketika pesta dekorasi indoensia tiba tetap saja praktek-praktek kotor poltik praktis ini akan tumbuh subur di tanah Papua. 

Benar ada kalahnya orang papua baru-baru ini ada terbukti data dari (LIPI & BRIN) menunjukkan bahwa orang papua mencapai rasio/populasi penduduk terkecil di indoensia dengan (IPK) paling terendah. Kalo datanya tercapai seperti demkian kapankah papua akan maju. 

Masih saja ada praktek-praktek politik praktis di seleruh tanah papua. Memang secara sadar politik membutuhkan uang namun kami tidak melihat secara kualitas. 

Hari ini pembunuhan masif terus terjadi di selruh tanah Papua lembaga legislatif sebagai payung rakyat papua tidak pernah bersuara demi perlindungan rakyatnya pasif di perlemen legislatif. silahkan tanyakan kepada rumput ilalang yang bergoyang. 

Dan sekrang siapakah yang memilih pemimpin itu? 

Pasitilah yang memilih adalaha rakyatnya sadar anda sedang membunuh diri anda sendiri.

Ending dari manuver politik uang itu fajar keadila di tanah Papua terus menjelang dan merujuk pada konflik horizontal & hal ini terus terjadi hampir seluruh tanah papua. 

Money politik uang adalah malapetaka bagi orang papua menghilang nilai demokrasi sesugguhnya di tanah Papua. 

Mari kita buat telad untuk mencegah polkotik kotor yang merusak nilai-nilai luhur budaya di kalangan masyarakat lokal. 

Menulis adalah suatu cara untuk berbicara. 

Menulis adalah suatu cara untuk menyapa. Menulis adalah suatu cara untuk menyentuh anda. 

Terimaksih selamat membaca para pembaca yang mulia yang saya kasihi Tuhan Yesus memberkati anda semua. 

Lambukmu Mayo kamis 7 maret 2024


Penulis : welinus walianggen S. Ap


Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Post 2

Ads Post 3